Los Angeles Larang Keras Penggunaan Kantong Plastik

15 Jun


Jakarta – Walaupun sudah banyak kampanye bahaya kantong plastik, masih banyak supermarket yang memakainya. Pemerintah Los Angelespun melarang keras penggunaan kantong plastik sebagai wadah pembungkus barang belanjaan.

Dalam 16 bulan ke depan, diharapkan penghapusan kantong plastik di toko grosir ini akan diberlakukan pada 7500 toko di Los Angeles. Sebagai penggantinya, konsumen harus membawa sendiri tas daur ulang ataupun tas yang bisa dipergunakan lagi.

Los Angeles menjadi wilayah selanjutnya di California dalam pelarangan kantong plastik ini, setelah San Jose, San Fransisco, dan Long Beach. Di California, ada beragam peraturan mengenai kantong plastik. Ada yang diberlakukan pada toko retail dan restoran, dan ada juga yang hanya berlaku di supermarket.

Nantinya akan ada evaluasi kondisi lingkungan selama 4 bulan ke depan. Restoran dan supermarket akan diberi waktu 6 hingga 12 bulan untuk benar-benar menghilangkan penggunaan kantong plastik, bergantung dari besar kecilnya gerai tersebut. Setelah itu, ada denda 10 sen untuk setiap satu kantong plastik yang masih digunakan untuk membungkus belanjaan.

Karena adanya larangan tegas mengenai kantong plastik ini, masyarakatpun jadi makin terbiasa menggunakan tas yang mereka bawa sendiri dari rumah. “Menurut saya, hal tersebut sudah menjadi bagian dari kebiasaan orang-orang di sini,” kata David Assmann, warga San Fransisco.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: