Dunia Kesehatan – Bahaya Kantong Plastik

15 Jun

Kantong sekali pakai, baik dari kertas ataupun plastik, merupakan ancaman besar terhadap lingkungan. Ancaman ini tidak hanya berkaitan dengan sedikitnya jumlah kantong itu yang berakhir di TPA, tetapi juga akan menghabiskan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi, mengangkut dan (kadang-kadang) mendaur ulang kantong itu, serta emisi yang dihasilkan dari proses ini. Kantong plastik sekali pakai juga bisa mengotori ekosistem dan ikut serta dalam menciptakan banjir, karena tas plastik bisa menyumbat pipa dan saluran air.

Berikut ini fakta mengenai tas plastik yang patut Anda ketahui.

* Sekitar 380 milyar kantong plastik digunakan di Amerika Serikat setiap tahun, yang berarti 1.200 kantong per penduduk AS, per tahun.
* Sekitar 100 miliar dari 380 miliar kantong plastik itu adalah kantong belanja.
* Diperkirakan 12 juta barel minyak diperlukan untuk membuat kantong plastik sebanyak itu.
* Hanya 1 sampai 2% dari kantong plastik di Amerika Serikat yang didaur ulang.
* Ribuan hewan laut dan lebih dari 1 juta burung mati setiap tahun akibat polusi plastik.
* United Nations Environment Programme memperkirakan bahwa ada 46.000 potongan sampah plastik mengambang tiap 1 mil persegi di lautan.
* Kantong plastik yang termakan oleh hewan, seringkali salah dicerna, sehingga menyumbat usus mereka yang menyebabkan kematian oleh kelaparan. Hewan atau burung lainnya bisa terjerat dan tenggelam atau tidak dapat terbang akibat kantong plastik.
* Bahkan ketika kantong plastik itu masuk ke proses photo-degrade dalam TPA, plastik sekali pakai tak pernah benar-benar hilang, dan partikel beracun dapat memasuki rantai makanan ketika mereka tertelan oleh hewan yang tidak curiga kalau plastik itu beracun.
* Greenpeace mengatakan bahwa setidaknya 267 spesies laut diketahui telah menderita akibat terjerat dalam atau menelan sampah laut. Hampir 90% dari sampah itu adalah plastik.
* Amerika mengkonsumsi kantong kertas lebih dari 10 miliar per tahun. Sekitar 14 juta pohon ditebang setiap tahun untuk produksi kantong kertas.
* Produksi kertas membutuhkan ratusan ribu galon air, begitu pula dengan bahan kimia beracun seperti asam sulfur, yang dapat menyebabkan hujan asam dan polusi air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: