Berawal Dari Hal-hal Kecil

31 May

Kita pasti membutuhkan tempat tinggal yang nyaman untuk kita dan generasi penerus kita. Lingkungan kita yang masih indah harus kita jaga dan lestarikan bersama.

Hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk menjaga bumi ini tetap indah antara lain :

Mengurangi penggunaan kantong plastik. Kalau kita biasa ke warung untuk membeli barang-barang kecil yang bisa dibawa dengan tanggan kosong atau bisa dimasukkan kedalam saku, hindari meminta kantong plastik. Jangan merasa malu membawa barang anda sendiri dengan tanggan tanpa kantong plastik. Banggalah karena anda punya perhatian terhadap lingkungan.
Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan sungkan mempersilahkan pemulung untuk mengambil sampah plastik anda. Jangan terlalu curiga terhadap pemulung karena tidak sedikit pemulung membawa sampah plastic anda untuk didaur ulang. Pemulung juga berperan penting dalam melestarikan lingkungan.
Kalau hanya mengunjungi tempat yang jaraknya beberapa puluh meter dari rumah kita, sebaiknya lakukan dengan berjalan kaki. Selain sehat, kita juga mengurangi emisi gas yang dikeluarkan kendaraan. Walupun jumlahnya sedikit akan tetapi jika kita melakukannya sesering mungkin akan berdampak besar pada lingkungan.
Mulailah melakukan penghematan listrik. Tidak usah menyalakan listrik jika tidak perlu. Selain hemat tagihan listrik, menghemat penggunaan listrik juga berdampak positif bagi kelestarian lingkungan.
Untuk melakukan refreshing, anda sesekali bisa mencoba memakai kendaraan tradisional (becak, benhur, bendi, dokar, cidomo, andong, dll) untuk bepergian bersama keluarga. Selain menyenangkan, kita juga berperan dalam melestarikan budaya dan lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: