Bahaya Sampah Plastik di Laut

31 May


Kalian pasti tahu sampah plastik sangat berbahaya untuk lingkungan. Sampah plastik menggunakan bahan yang tidak mudah terurai kembali di bumi, sehingga mencemari lingkungan.

Apakah kalian tahu kalau sampah plastik sangat berbahaya bagi hewan-hewan laut? Botol plastik, tali plastik dan bahan-bahan lain yang terbuat dari plastik yang tak bisa terurai, banyak mencemari air laut sehingga membuat hewan-hewan laut banyak yang sakit kemudian mati.

Contohnya, seperti lumba-lumba dan singa laut. Lumba-lumba banyak yang terjerat tali plastik atau tidak sengaja menelan botol plastik. Hal itu membuat sakit pencernaan mereka, dan jika plastik tersebut tidak dilepaskan atau dikeluarkan maka lumba-lumba bisa mati.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harry Burton dan Cecilia Eriksson, di perairan pulau Macquarie, Australia, banyak singa laut yang sakit karena menelan patahan atau serpihan plastik. Serpihan plastik tersebut masuk ke dalam perut dan membuat luka yang cukup serius.

Para nelayan juga banyak yang menebar jaring plastik di laut. Jaring-jaring itu membuat banyak singa laut tersangkut saat berenang. Jika sudah tersangkut, biasanya singa laut akan sulit untuk bernafas, lalu kemudian akan mati jika tidak cepat diselamatkan.

Nah, untuk itu jangan pernah membuang sampah plastik atau sampah lainnya di laut, karena akan sangat membahayakan hewan-hewan yang tinggal di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: