“Sampah” dalam “Peraturan”

25 May

Sampai hari ini kita belum memiliki aturan tentang sampah yang lebih spesifik dan dapat dijadikan sandaran yuridis pengelolaan sampah. Secara nasional baru terdapat Draft naskah akademis Rancangan Peraturan perundang-undangan pengelolaan sampah (RUU pengelolaan sampah) yang secara akademis sudah nyaris sempurna, namun tetap saja diperdebatkan. Sedangkan di Kota Bandung, aturan pengelolaan sampah telah dimasukkan dalam Peraturan daerah No. 3 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan yang dikenal dengan Perda K3.

Sebagai mana diketahui bahwa Perda K3 Kota Bandung merupakan Perda yang menampung hampir seluruh persoalan kota, sehingga semuanya diulas secara umum dan tidak nampak adanya penekanan spesifik dari mulai konsideran perda yang berisi landasan filosofis, sosiologis, dan politis yang melatarbelakangi lahirnya raperda, landasan normatif yang mencantumkan undang-undang dan aturan sebelumnya, sampai dengan pasal-pasal yang menjadi tubuh aturan.

Aturan semacam ini biasanya akan sulit ditegakkan, karena di tingkat pelaksanaan masih memerlukan penjelasan-penjelasan detil yang lebih aplikatif. Terbukti sampai akhir 2007 ini Perda K3 belum teraktualisasikan di tengah masyarakat. Hal itu disamping karena budaya hukum masyarakat yang rapuh, juga disebabkan oleh tata laksana hukum yang masih gamang dan tidak percaya diri, juga disebabkan pula oleh isi atau draft hukum yang terlalu umum.

Agar sebuah aturan tidak menjadi ?sampah? maka diperlukan sebuah Political will pemerintah daerah, baik legeslatif maupun eksekutif untuk mengobati tiga penyebab lemahnya penegakkan hukum diatas yang meliputi; isi hukum, tata laksana hukum dan budaya hukum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: